4 Jenis Alat Ini Sangat Cocok Digunakan Sebagai Pengganti Dispenser

Minum air putih adalah sebuah kebutuhan yang tidak boleh diabaikan oleh manusia. Sekarang ini banyak rumah yang sudah menggunakan air galon untuk memenuhi kebutuhan minum sehari-hari. Apalagi anak kosan yang menurut kami wajib menggunakan air galon untuk minum daripada selalu membeli air kemasan botol biasa.

Dengan membeli air galon kamu akan lebih hemat daripada membeli minuman botolan setiap harinya. Apalagi sekarang ini sudah banyak merek air galon yang bisa kamu dapatkan dengan mudah, bahkan ada penjual yang siap untuk mengantarkannya ke rumahmu.

Masih banyak orang yang berpikir kalau menggunakan air galon itu harus membeli Dispenser untuk memudahkan kita dalam menyiapkan air minum. Padahal masih banyak alat yang lebih praktis untuk digunakan selain Dispenser.

Pada kesempatan kali ini kami ingin merekomendasikan beberapa alat yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif Dispenser.

4 Alat Pengganti Dispenser

Buat kamu yang tidak mau membeli Dispenser karena alasan Dispenser bisa kotor, mudah rusak, mahal, ukurannya yang besar, atau alasan lainnya. Kamu bisa menggunakan beberapa dari jenis alat ini untuk mempermudah kamu dalam urusan minum air dari galon. Berikut adalah alat yang kami maksud :

1. Pompa Galon Elektrik Recharge

Pompa Galon Elektrik Recharge Pengganti Dispenser
Sumber : https://www.tokopedia.com/meimeimall/pompa-galon-elektrik-recharge-dispenser-air-galon-charge-pompa-air?src=topads

Hanya dengan uang Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu saja kamu sudah bisa membeli pompa galon elektrik recharge. Untuk menggunakannya kamu hanya perlu menekan tombol power maka air akan keluar dari selang pompa tersebut. Lalu untuk mematikannya kamu bisa tekan lagi tombol powernya.

Karena ini adalah pompa galon elektrik recharge maka kamu perlu mengisi daya baterainya dulu sebelum menggunakan. Baterai pompa ini cenderung awet, jadi kamu tidak harus mengisinya setiap hari. Kamu hanya perlu mengisi daya baterai kalau sudah mau habis saja.

Ciri-ciri saat daya baterai akan habis adalah air yang dikeluarkan mulai tersendat-sendat dan suaranya tidak lancar seperti biasanya.

Jika kamu tertarik untuk membeli pompa galon elektrik recharge ini maka kamu bisa mencarinya di marketplace terpercaya yang sering kamu gunakan.

Link Pembelian Pompa Galon Elektrik Recharge :

Pompa Galon Manual Alternatif Dispenser
Sumber : https://www.tokopedia.com/toboshop/pompa-galon-manual?whid=0

Selain menjadi alternatif Dispenser sebenarnya pompa galon manual ini juga merupakan alternatif untuk pompa galon elektrik recharge. Sebab pada dasarnya cara kerja pompa galon manual ini mirip dengan pompa galon elektrik recharge, hanya saja kamu harus memompanya setiap ingin menyiapkan air minum.

Sedangkan kelemahan dari pompa galon manual ini adalah harus memompa beberapa kali setiap ingin minum, terkadang mudah rusak apabila salah dalam penggunaannya, dan air yang dikeluarkan pun suka belepotan.

Pompa galon manual ini sangat cocok digunakan di tempat yang masih jauh dari listrik.

Kamu bisa menemukan pompa galon manual ini di toko perabotan sekitaran kamu, tapi kalau kamu ingin membelinya secara online dengan kisaran harga yang hanya Rp 16 ribu sampai Rp 20 ribuan. Berikut adalah link marketplace yang bisa kamu gunakan.

Link Pembelian Pompa Galon Manual :

3. Rak Galon dan Kran Air

Rak Galon dan Kran Air Pengganti Dispenser
Sumber : https://www.tokopedia.com/319yll/rak-kaki-galon-air-dudukan-galon-aqua-kran-hitam?src=topads

Di beberapa marketplace rak galon dan kran air ini biasa dijual sepaket. Raknya berfungsi untuk memiringkan galon kemudian kran air digunakan untuk mengalirkan air dari galon ke gelas. Hanya dengan harga Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu kamu sudah bisa mendapatkan rak galon dan kran air sekaligus.

Kekurangan dari alat ini adalah kamu harus menidurkan galon ke atas rak, tidak seperti menggunakan pompa galon dimana kamu tidak perlu menidurkan galon. Terkadang mengangkat galon adalah pekerjaan yang cukup berat.

Buat kamu yang lebih tertarik menggunakan rak galon daripada menggunakan pompa galon, kamu bisa membelinya di marketplace langgananmu.

Link Pembelian Rak Galon dan Kran Air :


Salah satu kekurangan rak galon + keran air dan pompa galon adalah tidak bisa menyediakan air panas dari galon. Meskipun ada pompa galon elektrik yang bisa melakukannya namun kami rasa masih lebih efektif untuk menggunakan teko listrik dalam membuat air panas.

Jika menggunakan Dispenser maka air panas yang dihasilkan itu cukup terbatas, berbeda dengan teko listrik dimana kamu bisa memasak air dalam satu teko penuh. Bahkan penggunaan teko listrik ini bisa lebih hemat listrik daripada Dispenser.

Kamu hanya perlu menaruh air dalam teko kemudian taruh teko pada dudukannya yang sudah dihubungkan dengan stop kontak atau listrik kemudian tekan tombol on pada teko maka dia akan memasak air sampai mendidih. Jika air sudah matang teko ini akan off secara sendirinya.

Bahkan ada tanda berupa bunyi bahwa teko ini sudah off yang menandakan air yang kamu masak sudah matang. 

Penggunaan teko listrik juga lebih efisien daripada memasak air dengan kompor, karena bisa kita tinggal dan tidak takut akan kelupaan saat memasak air sebab setelah matang dia akan mati dengan sendirinya. 

Selain itu teko listrik juga ada yang bisa dicuci sehingga kebersihan dalam mengkonsumsi air tetap terjaga. Kamu bisa membeli teko listrik dengan harga Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribuan.

Link Pembelian Teko Listrik : 

Nah itulah beberapa jenis alat yang bisa digunakan sebagai pengganti Dispenser. Kamu boleh mengkombinasikan 2 jenis alat seperti Pompa Galon Elektrik Recharge dan Teko Listrik untuk menyiapkan air biasa dan air panas.

Sayangnya alat-alat yang kami sebutkan ini masih belum bisa mengganti peranan Dispenser yang bisa mengelola air dingin. Namun kami rasa alat-alat ini juga bakalan bermanfaat untuk kehidupan kamu.