Cara Ganti Oli Motor dan Alat Yang Diperlukan Untuk Mengganti Oli Motor Sendiri

Jika kamu mempunyai motor maka kamu wajib mengganti oli apabila memang sudah saatnya. Sebaiknya jangan telat melakukan ganti oli supaya motormu lebih awet dipakai. Karena kebanyakan dari kita itu males untuk service maupun ganti oli motor, sehingga motor menjadi tidak terawat dengan baik.

Mengganti oli motor tidak harus mengantri ke bengkel. Tidak semua punya banyak waktu untuk menunggu antrial di bengkel. Jika kamu adalah orang yang tidak suka mengantri di bengkel, kamu bisa membeli oli untuk motormu kemudian menggantinya sendiri di rumah.

Nah buat kamu yang ingin mencoba ganti motor sendiri sebaiknya persiapkan dulu alat-alat yang nantinya akan digunakan. Berikut ini adalah beberapa alat yang wajib kamu punya untuk bisa mengganti oli motor sendiri.
Cara Ganti Oli Motor Sendiri
Sumber : https://www.pexels.com/

Alat Yang Diperlukan Untuk Mengganti Oli Motor

Kamu bisa meminjam alat-alat ini kepada teman atau tetanggamu yang mempunyai peralatan lengkap untuk mengganti oli. Tapi kami lebih menyarankan buat kamu untuk mempunyainya sendiri atau membeli peralatan-perallatan ini.

1. Wadah Oli Bekas

Kamu harus menyiapkan wadah oli bekas untuk menampung oli bekas yang keluar dari mesin motormu tersebut. Untuk wadah ini kamu tidak perlu membelinya, kamu bisa membuatnya dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar.

Dalam membuat wadah untuk oli bekas kamu perlu memperhatikan ukurannya, pastikan bahwa wadah tersebut muat untuk menampung semua oli yang keluar dari mesin motor kesayanganmu.

2. Corong

Corong ini nantinya akan digunakan untuk membantu kamu menuangkan oli ke dalam mesin. Meskipun memang bisa menuangkan oli tanpa corong namun akan lebih efektif jika kamu menggunakan corong agar oli tidak tumpah kemana-mana.

Kamu bisa membeli corong di toko perabotan dekat rumahmu, kami yakin harga corong sangat murah. Kami menyarankan kamu membeli corong yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

3. Tang

Tang Menjadi Alat Untuk Ganti Oli Motor
Sumber : https://pixabay.com/id/
Kami sarankan kamu untuk membeli tang yang nantinya tang ini akan berguna untuk membuka tutup pada pengisian oli. Selain itu tang juga akan berfungsi banyak jika kamu sudah mempunyai motor sendiri. 

Jadi tidak ada ruginya kalau kamu mempunyai sebuah tang milik sendiri.

4. Kunci Pas / Ring

Kunci Pas Alat Ganti Oli Motor
Sumber : https://pixabay.com/id/
Kamu harus tahu berapa ukuran kepala baut tab oli pada motormu untuk membeli kunci yang sesuai. Tanpa adanya kunci ini mungkin kamu tidak bisa membuka baut untuk melakukan penggantian oli.

Selain corong dan tang, kami rasa kamu juga perlu mempunyai kunci pas atau kunci ring dengan ukuran yang sesuai dengan kepala baut pada pembuangan oli mesin motor kesayanganmu.

Ukuran kunci yang sering digunakan untuk motor matic adalah 12, ada beberapa motor yang juga harus menggunakan kunci nomer 14 atau 17.

So, lihat dulu baut seperti apa yang ada di motormu dan silahkan cari tahu ukurannya.

Setelah semua peralatan untuk mengganti oli motor sudah lengkap. Selanjutnya kamu bisa melakukan penggantian oli dengan tanganmu sendiri. Pada kesempatan kali ini kami juga akan menyampaikan sedikit panduan supaya kamu bisa melakukannya langsung.

Cara Mengganti Oli Motor

Jika kamu sudah siap untuk mengganti oli motor, termasuk sudah membeli oli yang cocok untuk motormu. Silahkan ikuti sedikit panduan yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Silahkan siapkan motor yatng ingin kamu ganti oli. Bisa langsung gunakan standart dua atau standart satu saja. Setelah itu taruh wadah oli bekas di bawah mesin atau di bawah baut pembuka tab oli.

Lalu buka baut tersebut dengan menggunakan kunci pas / ring yang kamu miliki. Sebaiknya kamu jangan salah membuka baut ya.

Jika baut sudah terbuka maka oli akan mengalir keluar dan mengarah ke wadah. Usahakan tidak ada oli yang keluar dari wadah supaya tempat yang sedang kamu gunakan untuk ganti oli tetap bersih.

Sambil menunggu oli terkuras kamu bisa sambil membuka tutup oli pada mesin menggunakan tang.

Biarkan oli bekas tersebut mengalir keluar sampai yang di dalam mesin benar-benar kosong. Bila perlu kamu bisa menggunakan kompresor untuk membantu mengeluarkan tapi jika kamu tidak mempunyai kompresor, kamu bisa menggunakan bantuan kick starter agar oli cepat keluar.

Setelah kamu merasa oli sudah keluar semua silahkan tutup lagi baut tab oli tersebut dengan sedikit kencang.

Buka kemasan pada oli yang sudah kamu beli kemudian tuangkan oli yang masih baru tersebut ke dalam mesing. Jangan lupa menggunakan corong agar lebih memudahkan kamu dalam menuangkan oli. Jika sudah selesai jangan lupa untuk memasang kembali tutup oli pada mesin yang sudah kamu buka sebelumnya.

Panaskan mesin selama beberapa menit agar oli dapat bersirkulasi ke bagian-bagian mesin. 

Nah itulah sedikit informasi mengenai cara dan alat yang diperlukan untuk mengganti oli motor yang bisa kamu coba lakukan sendiri.